Strategi Komunikasi Studi Analisis QS Al-Alaq

Abstract

Perkembangan komunikasi yang menjadikan banyak bentuk kajian terhadap komunikasi yang bertujuan untuk bagaimana agar pesan tersebut sampai pada penerima pesan. bentuk analisa Al Qur’an Surat Al-Alaq dimana surat ini sebenarnya digunakan sebagai rujukan kajian pendidikan tetapi setelah melihat struktur bahasa dalam ayat-ayat Qs Al-Alaq merupakan kolaborasi sebuah komunikasi yang tersirat antara Allah dan Rosulullah ketika menerima wahyu pertama. penulis tidak mengkaji dalam bentuk per-ayat tetapi dalam bentuk analisa surat, karena penulis beranggapan bahwa tidaklah mungkin suatu ayat yang disatukan menjadi suatu surat tanpa terdapat suatu hal ingin ditunjukkan dalam surat tersebut. Bentuk komunikasi ini nantinya digunakan dalam komunikasi penyiaran Islam, penyampaian pesan yang digunakan sebagai proses pengambilan keputusan bersama untuk membentuk perubahan sosial yang memiliki fungsi menyebarluaskan pesan komunikasi yang menjembatani culture gab. komunikasi yang menekankan pada keberhasilan meraih khalayak sebanyak mungkin, meningkatkan kesadaran dan mengarahkan perilaku. dengan menganalisa nilai-nilai membina dan memotivasi agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan komunikator. Didalam strategi komunikasi antara Allah dan Rosullnya dapat dianalisis kedalam empat bagian diantaranya tahapan pertama adalah memberikan pengetahuan terlebih dahulu yang sesuai dengan experiencenya dengan media kalam, tahapan yang kedua adalah mengajak berdialog, tahapan yang ketiga adalah memberi pemahaman dan tahapan yang terakhir adalah memberikan peringatan.