Efektifitas Media Website Dalam Peningkatan Pelayanan Publik
Abstract
Website salah satu media yang menyajikan informasi dengan cepat dan tepat ditunjang dengan teknologi tinggi yaitu internet. Website adalah salah satu media massa yang paling banyak kelebihannya, antara lain; pesan atau informasi yang disampaikan oleh website dapat diterima oleh semua orang dimana saja tanpa dibatasi ruang selama adanya jaringan internet. Keberhasilan dari media website desa adalah informasi yang selalu di perbarui setiap waktu sehingga masyarakat merasakan kepuasan tentang informasi desa yang selalu mereka dapatkan dengan cepat dan tepat, dan yang paling utama adalah memberikan pelayanan atas keluhan masyarakat ataupun komentar mereka dengan tanggapan yang ramah. Fokus penelitian ini yaitu pertama, bagaimana perencanaan pengelolaan website dalam peningkatan pelayanan public. Kedua, bagaimana dampak media website bagi masyarakat dalam peningkatan pelayanan public. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif, dengan sumber data yakni data primer (informan penelitian) dan data sekunder (buku referensi). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan persuratan tidak perlu dilakukan secara manual dan penilaian hard copy, namun dapat dilakukan secara digital dengan menggunakan aplikasi. Untuk itu pemerintah desa rejoso hadir dengan inovasi menggunakan perkembangan tekhnologi informasi dan komunikasi sebagai sarana membuat tugas dan pemerintahan desa dapat dilakukan lebih cepat, baik, efektif dan partisipatif. Masyarakat semakin mendapat kemudahan akses komunikasi dan informasi dengan pemerintah desa. Bagi pemerintah desa sendiri, menjadi memiliki peluang untuk lebih transparan dan banyak mendapat masukan melalui pesan-pesan aspiratif dari warga yang ikut berpartisipasi memanfaatkan web desa sebagai sarana komunikasi pembangunan desa.