Budaya Komunikasi Masyarakat Industri
Abstract
Dinamika budaya dalam suatu masyarakat berimplikasi pada perilaku dan cara berkmunikasi anggota masyarakatnya, termasuk juga cara berkomunikasi para karyawan PT Indorama Synthetics Tbk Purwakarta. Berlatar belakang dari fenomena dan realita tesebut, maka studi ini bertujuan untuk mengetahui, mengungkap, dan menggambarkan budaya komunikasi karyawan PT Indorama Syntehtics Tbk Purwakarta sebagai masyarakat industri yang difokukan pada: Pertama, konteks komunikasi masyarakt industri. Kedua, gaya bicara masyarakat industri. Studi ini mengunakan metode etnografi dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Studi ini berlandaskan pada teori konteks komunikasi dan gaya bicara dari Edward T. Hall. Berdasarkan hasil eksplorasi dan analisis data, didapatkan dua temua penting, yaitu: Pertama, masyarakat industri memiliki budaya komunikasi konteks rendah. Kedua, masyarakat industri memiliki budaya komunikasi dengan gaya bicara linier. Hasil studi ini dapat berkontribusi bagi pengembangan kajian komunikasi antarbudya dan etnografi komunikasi. Hasi studi ini dapat direkomendasikan bagi para mubaligh, da’i, dan praktisi dakwah sebagai panduan melakukan aktifitas dakwah pada masyakat industri.