INTEGRASI TEORI KRASHEN DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS PADA PEMBELAJARAN DARING DI PERGURUAN TINGGI
Abstract
Keberadaan bahan ajar dalam proses dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris mempunyai peran yang sangat penting, terutama ketika pembelajaran tersebut berlangsung secara daring. Untuk itu, maka para pengajar Bahasa Inggris perlu untuk memahami lebih dalam mengenai bagaimana bahan ajar tersebut dapat disiapkan dengan maksimal guna menjamin keberhasilan proses pendidikan di perguruan tinggi. Maka dari itu, penelitian yang mengunakan metodologi penelitian literatur ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam melalui kajian beberapa sumber pustaka mengenai integrasi teori pemerolehan bahasa kedua oleh Krashen kedalam proses pengembangan bahan ajar Bahasa Inggris pada proses pembelajaran daring di perguruan tinggi. Dari hasil analisa yang telah dilakukan, maka dapat ditemukan bahwa berdasarkan teori Krashen dan karakteristik bahan ajar Bahasa Inggris di perguruan tinggi, bahan ajar yang perlu untuk dikembangkan oleh para pengajar dalam pembelajaran daring adalah dengan mengedepankan konsep bahwa penguasaan bahasa sebagai alat komunikasi berlangsung secara alam bawah sadar dengan “mengambil” bahasa secara alami. Sehingga, dalam hal ini para pengajar Bahasa Inggris harus memfokuskan bahan ajar yang dikembangkan agar para mahasiswa mampu untuk “mengambil” bahasa bukan hanya sekedar menghafal kasa kata ataupun struktur kalimat saja.