Profil Aspek Sikap Literasi Sains dan Sikap Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi IKIP Gunungsitoli
Abstract
Literasi sains didefinisikan sebagai kapasitas untuk menggunakan pengetahuan ilmiah, mengidentifikasi pertanyaan dan menarik kesimpulan berdasarkan fakta dan data untuk memahami alam semesta dan membuat keputusan dari perubahan yang terjadi karena aktivitas manusia. Sikap ilmiah adalah suatu sikap menerima pendapat orang lain dengan baik dan benar tanpa mengenal putus asa dengan ketekunan dan keterbukaan. Kedua sikap ini sangat penting dimiliki oleh mahasiswa program studi pendidikan biologi sebagai calon guru sains (biologi). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil sikap literasi sains dan sikap ilmiah sains mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi IKIP Gunungsitoli tahun akademik 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, menggunakan instrumen penelitian berupa angket sikap literasi sains dan sikap ilmiah. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi semester VIII Tahun Akademik 2020/2021 berjumlah 30 orang mahasiswa. Kesimpulan: 1) Profil sikap literasi sains mahasiswa program studi pendidikan biologi tahun akademik 2020/2021 berada pada kategori baik dengan rata-rata 84, 51%. Mahasiswa sudah ikut berkontribusi mewujudkan sikap positif terhadap sikap literasi sains dalam mengembangkan minat terhadap sains, memperoleh dukungan terhadap penyelidikan ilmiah dan juga tanggung jawab terhadap sumber daya dan lingkungan. 2) Profil sikap sains mahasiswa program studi pendidikan biologi tahun akademik 2020/2021 berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata 87, 34%. Mahasiswa sudah memiliki sikap optimis, kreatif, kritis, skeptis dan menjangkau ke depan dalam hal kesiapan untuk berperilaku atau bereaksi dengan cara tertentu bila dihadapkan dengan suatu objek dalam penyelidikan ilmiah.