Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMK Swasta Kristen Tomosa 2 dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Learning

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti. Peneliti menemukan kemampuan siswa menulis puisi baru di kelas X SMK Swasta Kristen Tomosa 2 masih belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Masalah ini disebabkan siswa kurang termotivasi dalam menulis sebuah puisi karna tidak mampu menemukan ide dan siswa merasa sulit dalam menentukan diksi, majas, tema ,makna serta kurang optimalnya penerapan metode pembelajaran dalam kelas. Menulis puisi baru adalah merangkai kata menjadi sebuah puisi yang tidak terikat oleh beberapa aturan khusus , yaitu jumlah baris setiap bait, jumlah suku kata tiap baris, sajak, irama, ritma dan pilihan kata. Dalam menulis puisi bebas yang penting perasaan penulis dapat terekspresi dalam bentuk kata-kata yang tepat sehingga meghasilkan makna yang imajinatif. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis puisi baru melalui model pembelajaran Quantum Learning siswa kelas X SMK Swasta Kristen Tomosa 2 Gido Tahun Pembelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK Swasta Kristen Tomosa 2 Gido Tahun Pembelajaran 2020/2021, berjumlah 18 orang. Laki-laki sebanyak 9 orang dan perempuan sebanyak 9 orang. Hasil analisis data nilai pengetahuan menulis puisi  pada siklus I rata-rata nilai siswa = 54 (predikat “Kurang”). Hasil analisis data nilai pengetahuan menulis puisi pada siklus II rata-rata nilai siswa = 79,16 (predikat “Baik”). Hasil penelitian ini adanya  peningkatan kemampuan menulis puisi baru melalui model pembelajaran Quantum Learning siswa kelas X SMK Swastra Kristen Tomosa 2 Gido Tahun Pembelajaran 2020/2021.