Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Model Pembelajaran Inkuiri Siswa SMA Negeri 1 Lolomatua Tahun Pelajaran 2020/2021
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi pada pelaksanaan studi pendahuluan di SMA Negeri 1 Lolomatua, yang selama ini siswa tidak dibiasakan mengerjakan soal-soal berbasis masalah dan kemampuan pemecahan masalah matematis masih kategori rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran inkuiri siswa SMA Negeri 1 Lolomatua Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Lolomatua dengan populasi 2 kelas sebanyak 74 orang, dan sampel penelitian adalah kelas XI-IPA1 sebagai kelas eksperimen E1 dengan jumlah siswa 38 orang dan kelas XI-IPA2 sebagai kelas eksperimen E2 dengan jumlah siswa 36 orang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design (penelitian semu). Instrumen penelitian ini berbentuk esai tes pemecahan masalah matematis sebanyak 4 butir soal. Data penelitian yang diperoleh diolah dengan pengolahan kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan software SPSS nilai Sig. sebesar 0,039 artinya Sig < ? (0,05) atau 0,039 < 0,05 maka tolak H0 terima Ha. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan model Pembelajaran PBL dengan model pembelajaran inkuiri.