Gaya Belajar dengan Pendekatan Preferensi Sensori sebagai Pengembangan Kapasitas Guru dalam Mengajar
Abstract
Selain mengukur karakteristik awal siswa, memetakan alur pengajaran yang tepat juga perlu dilakukan. Karakteristik peserta didik merupakan faktor yang harus diperhatikan dalam memilih media pembelajaran. Faktor-faktor tersebut antara lain jumlah siswa dan latar belakang sosial untuk menentukan pemberian contoh di media; dalam hal ini termasuk gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan strategi pengembangan kapasitas guru khususnya dalam menyampaikan materi sesuai dengan preferensi indera siswa. Wawancara semi terstruktur diterapkan kepada informan untuk memperoleh informasi penting dan mengembangkan hal-hal yang perlu diketahui untuk memperkaya penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 20%-30% siswa cenderung memiliki modalitas auditori, 40% visual, dan 30-40% kinestetik. Namun yang menjadi perhatian adalah kesadaran guru yang belum memahami pentingnya menyampaikan pembelajaran sesuai dengan modalitas gaya belajar anak sesuai dengan preferensi inderanya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan ISO: 21001/2018 (sistem manajemen mutu) sebagai acuan dan langkah strategis untuk pengembangan kapasitas guru.