Efektivitas Metode Pembelajaran Synchronous dan Asynchronous terhadap Hasil Belajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui ketercapaian hasil belajar mahasiswa, ketuntasan klasikal, dan perbedaan hasil belajar mahasiswa yang menerapkan metode pembelajaran daring synchronous dengan asynchronous pada mahasiswa perguruan tinggi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester V, Prodi Pendidikan Ekonomi, Universitas Pamulang. Sampel penelitian adalah mahasiswa kelas 05PIEP001 dan 05PIEP001 dengan teknik simple random sampling. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif dengan metodologi Quasi Eksperiment tipe Non-Equivalent control group design. Instrumen pengumpul data berupa butir soal pilihan ganda dan uraian. Analisis data menggunakan one sample t-test, uji proporsi, dan independent sample t-test dengan syarat berdistribusi normal dan memiliki varians homogen. Hasil penelitian yaitu : (1) rata-rata hasil belajar mata kuliah Psikologi Pendidikan pada mahasiswa yang menerapkan metode pembelajaran synchronous sebesar 84,8 dengan rincian nilai hasil sig hitung sebesar 0,239. (2) ketuntasan klasikal hasil belajar mahasiswa menerapkan metode pembelajaran synchronous lebih dari 85% dari 26 mahasiswa dengan rincian nilai Zhitung 2,45. (3) terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata hasil belajar mahasiswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran synchronous dan yang diajarkan dengan metode pembelajaran asynchronous pada mata kuliah Psikologi Pendidikan dengan rincian nilai sig 0,000.