Pengaruh Belajar Online di Era Pandemi Covid-19 terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 102 Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh belajar online terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 102 Jakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis dari penelitian ini adalah korelasional. Sampel yang digunakan pada penelitian berjumlah 68 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bebas (belajar online) berpengaruh negatif terhadap variabel terikat (hasil belajar). Pada analisis regresi sederhana, data output SPSS adalah thitung yang dihasilkan pada variabel belajar online adalah 0,542 dengan sig 0,590. Hasil analisis sig 0,590 lebih besar dari pada 0,05 dan thitung (0,542) lebih kecil dari Ttabel (1,670). Kemudian hasil tersebut menunjukkan bahwa Ha ditolak dan Ho diterima. Artinya selama pandemi Covid-19, sistem pembelajaran online tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas VIII SMP Negeri 102 Jakarta.