THE EFFECT OF ZOOM MEETING ON E-LEARNING BASED REMOTE LEARNING IN IMPROVING STUDENT COGNITIVE ABILITY

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh zoom meeting pada pembelajaran jarak jauh berbasis e-learning dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Penelitian merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain Pretest-posttest One Group Design. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik cluster random sampling dari populasi seluruh siswa SMA N 1 Weleri yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen. Analisis data menggunakan uji statistik parametrik yaitu N-gain dan uji-t (paired sampel t test). Uji normalitas gain menunjukkan bahwa rata-rata hasil postest mengalami peningkatan sebesar 0,53 dengan kriteria sedang. Hasil uji paired sampel t test nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan penerapan zoom meeting pada pembelajaran jarak jauh berbasis e-learning mempunyai pengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa.