Penerapan TSB menggunakan Aplikasi GC untuk meningkatkan Kompetensi Profesional Guru dalam Pelaksanaan PJJ Integratif

Abstract

Pembelajaran jarak jauh interaktif memerlukan media pembelajaran yang menarik dalam meningkatkan minat dan kreativitas siswa dalam belajar. Salah satu masalah yang dihadapi adalah kurang mahirnya guru dalam penguasaan teknologi media pembelajaran. Solusi yang dapat digunakan adalah dengan mengadakan pelatihan Teknik tutor sebaya yang melibatkan pemateri yang ahli dibidang penguasaan IT media pembelajaran. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan instrument angket respon melalui google form. Adapun pengambilan data dilakukan dengan melalui beberapa tahapan, yaitu: 1) mendiskusikan permasalahan dalam menggunakan media pembelajaran 2) merumuskan strategi yang tepat untuk mengatasi permasalahan 3) melaksanakan kegiatan pelatihan yang melibatkan guru-guru, 4) menyebarkan angket untuk diisi oleh peserta, dan mengumpulkannya, 5) melakukan evaluasi terhadap pelatihan yang telah dilaksanakan. Pelatihan tutor sebaya ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan Google Classroom sehingga dapat meningkatkan profesionalisme guru tersebut. Dari hasil angket respon disimpulkan bahwa penerapan tutor sebaya dalam penggunaan Google Classroom dapat meningkatkan pemahaman dan profesionalisme guru dalam pembelajaran jarak jauh interaktif.