Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Karakter Mahasiswa di Era Milenial
Abstract
Pendidikan karakter pada mahasiswa bertujuan untuk membentuk bangsa yang kuat, bermoral, bertoleran, berjiwa patriotik, dan berorientasi pada ilmu pengetahuan dan teknologi yang djiwai dengan iman dan taqwa kepada Allah Swt. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perspektif PAI dalam membangun karakter mahasiswa dalam arus globalisasi di era milenial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif-fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah beberapa mahasiswa Perguruan Tinggi di Indonesia yang dipilih dengan cara purposive sampling. Objek penelitian ini adalah mahasiswa yang bergantung pada gadget dalam kehidupan sehari-hari dan mahasiswa dalam peran Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan moral dan karakter di era generasi milenial. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara: perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, trianggulasi, analisis kasus negatif, dan member checking. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil kajian, peranan Pendidikan Agama Islam pada mahasiswa adalah sebagai penjaga nilai-nilai bangsa serta agama agar dapat bersinergi untuk menghasilkan cendekiawan muslim yang dapat menjadi agen perubahan dalam permasalahan bangsa dan agama.