Strategi Peningkatan Hasil Belajar PAI Materi Ayo Kita Shalat melalui Metode Pembiasaan pada Siswa di SDIT Al Islamiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran implementasi metode pembiasaan sebagai upaya yang dilakukan guru PAI dalam materi Ayo Kita Shalat kelas 2 semester 2 di SDIT Al Islamiyah yang dilaksnakan pada masa covid 19 dengan menggunakan aplikasi Zoom dan guru luring. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah kepala sekolah, guru PAI, peserta didik dan wali murid SDIT Al Islamiyah, Teknik yang digunakan yaitu menggunakan observasi, wawancara partisipatif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama implementasi bacaan pelajaran kelas 2 melalui aplikasi Zoom dan luring guru PAI metode pembiasaan berjalan dengan baik menggunakan aplikasi Zoom dengan durasi waktu pembiasaan sekitar 20 menit setiap hari dan setiap pekannya guru PAI ke rumah siswa-siswi SDIT Al Islamiyah. kedua, factor pendukung sangat berperan terwujudnya metode pembiasaan walaupun menggunakan aplikasi Zoom dengan jarak jauh. Factor penghambat  terdapat berbagai arah, baik dari siswa yang malas, perbedaan kecerdasan dan sarana prasana yang belum lengkap di rumah siswa-siswi masing-masing.