Penerapan Analytical Hierarchy Proccess, Clustering, dan AR-MBA sebagai Solusi Strategi Pemasaran Pada Toko Swalayan X
Abstract
Masyarakat di setiap daerah kini dimanjakan oleh kehadiran berbagai pusat perbelanjaan. Letak tempat perbelanjaan yang saat ini berdekatan satu sama lain membuat suatu keuntungan bagi masyarakat, karena dapat bebas memilih perbelanjaan mana yang akan dituju. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat strategi pemasaran yang dilakukan dengan cara analisis keputusan dan data mining (AKDM). Selain untuk mengetahui tingkat keseleruhan penjualan dan juga penjualan produk, analisis keputusan dan data mining digunakan juga untuk mengetahui pola pembelian barang oleh konsumen. Sehingga dapat dirancang strategi untuk dapat menarik customer dan memenangkan pasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah AHP, Clustering, dan AR-MBA. Diketahui berdasarkan pengolahan data bahwa produk yang sering dibeli jenis snack adalah chitato, taro, dll. Dari jenis minuman adalah cocacola, fanta, yakult, dll. Selain itu, didapatkan 4 pola pembelian customer (Dept 6 dan Dept2, Dept 9 dan Dept 4, Dept 9 dan Dept 2, Dept 7 dan Dept 2). Strategi yang dapat diterapkan dengan mempertimbangkan hasil pengolahan data adalah dengan melakukan promosi mix antar produk.