Pengaruh Media Film Berbahasa Arab terhadap Peningkatan Kemampuan Istima’ Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab

Abstract

Penelitian ini berangkat dari sebuah kepribadian dimana banyaknya mahasiswa yang tidak bisa berkomunikasi menggunakan Bahasa arab. terkhusus kepada  penggunaan audio visual sebagai media pembelajaran yang banyak d gunakan dosen dalam mengajara dibidang Bahasa arab itu sendir,  banyak mahasiswa yang tingkat kemampuannya dalam memahami pelajaran melalaui media audio visual terkhususu lagi media film Bahasa arab masih kurang, oleh karna itu penelitian ini bertujuan untuk: membuktikan pengaruh media film Bahasa arab terhadap kemampuan istima’ mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan expost facto. Populasi yang diambil sejumlah 68 mahasiswa dari program studi Pendidikan Bahasa Arab dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 53 orang. Skala pengukuran menggunakan skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh media film Bahasa arab terhadap peningkatan kemampuan istima’ mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab di IAI Muhammadiyah Sinjai. Berdasarkan analisis regresi sederhana yang telah dilakukan melalui program SPSS 26, diperoleh hasil bahwa dari 53 responden yang diteliti diketahui jika t-hitung < t-tabel, maka H0 diterima. Ha ditolak, jika t-hitung > t-tabel, maka Ha diterima, H0 ditolak. Berdasarkan tabel coefficients bahwa t-hitung 7,347 > t-tabel 1,675. Maka dapat diartikan bahwa variabel media film Bahasa arab (X) mempengaruhi variabel kemampuan istima’ (Y).