Penggunaan Bahan Ajar Peta Konsep untuk Meningkatkan Penguasaan Mapel Jurmiyah dalam Proses Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa pada mata pelajaran nahwu Jurmiyah dengan pendekatan penggunaan peta konsep dalam proses pembelajaran daring akibat ketidak-mungkinan melakukan pembelajaran tatap muka langsung karena wabah covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A & VII B Depag MTs Salafiyah Syafi’iyah Tahun 2021. Jumlah populasi keseluruhan adalah 70 siswa dengan masing-masing kelas berisi 35 siswa. Dari data yang telah terkumpul diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan peta konsep pada mata pelajaran nahwu Jurmiyah di kelas VII A & VII B Depag MTs Salafiyah Syafi’iyah dalam proses pembelajaran daring dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa menjadi 83% dengan indikator 80% dari jumlah populasi harus mendapatkan nilai di atas 70. Hal ini dapat dirinci, pada siklus I mayoritas siswa mampu menyerap penguasaan konsep dengan rata-rata nilai 67. Sedangkan dalam siklus ke II setelah diberlakukan penggunaan bahan ajar dengan peta konsep, kemampuan siswa menyerap pemahaman materi menjadi naik dan meningkat menjadi rata-rata 77. Dan siswa terlihat lebih aktif dan dapat merespon dengan lebih baik saat menggunakan bahan ajar dengan peta konsep, serta motivasi belajar siswa menjadi lebih tinggi.