فعالية كتاب "قواعد الإملاء" لعبد السلام محمد هارون في ترقية مهارة كتابة همزة الوصل والقطع

Abstract

Latar belakang para mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab yang mengikuti perkuliahan Qowa’id Imla’ tidaklah sama, oleh karena itu diharapkan bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab dapat menulis dengan baik dalam perkuliahan Qowa’id Imla’ dengan menggunakan kitab karya “Abdussalam Muhammad Harun”. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan keefektifitasan penggunaan kitab karya Abdussalam Muhammad Harun dalam meningkatkan menulis Hamzah Washal dan Qatha’. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, penelitian yang menghasilkan deskriptif, dikategorikan sebagai penelitian lapangan, dan teknik yang digunakan adalah Observasi, Dokumentasi, Wawancara, dan Tes. Hasil dari penelitian ini bedasarkan nilai rata-rata yang didapat dari 3 kelas yaitu Pretest 53,53 dan untuk Posttest 58,72. dari hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan kitab Qowa’id Imla’ karya Abdusslam Muhammad Harun kurang efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis Hamzah Washal dan Qatha’. Ada beberapa sebab yaitu, kurangnya dalam memahami materi di dalam kitab tersebut dikarenakan kitab yang dipakai berbahasa Arab, kurangnya perhatian ketika dosen sedang memberikan materi kelas, dan kurangnya waktu dalam memahamkan seluruh materi tentang hamzah washal dan qatha’, dan kurangnya latihan menulis selama materi hamzah washal dan qatha’.