Pengaruh ROI dan ROE terhadap Saham Perusahaan

Abstract

Rasio profitabilitas dipilih karena mampu menunjukkan seberapa besar keuntungan yang didapat investor dari aktivitas investasinya. Sehingga dapat mengukur seberapa baik kinerja perusahaan dalam operasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ROI dan ROE terhadap Harga Saham pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2014-2017. Metode penelitian yang digunakanadalah kuantitatif. Pemilihan sampel ditetapkan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ditetapkan diperoleh sampel sebanyak 96 sampel. Analisis data menggunakan Statistical Package For Social Science (SPSS) versi21.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ROI berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham  dengan hasil uji t yaitu t-hitung  19,468 > t-tabel 1,66235 dengan probabilitas (signifikansi) 0,00 < 0,05 sedangkan ROE tidak berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham dengan hasil uji t yaitu t-hitung -8,081 < t-tabel 1,66235 dengan probabilitas (signifikansi) sebesar 0,00. Sedangkan secara simultan ROI dan ROE berpengaruh signifikan terhadap harga saham dengan uji F yaitu F-hitung 89,543> F-tabel 3,95 dengan probabilitas 0,00. Variabel Harga Saham 51% dipengaruhi oleh variabel ROI dan ROE. Sedangkan sisanya 49% dipengaruhi oleh variabel lain seperti produksi penjualan, pengumuman pendanaan, Earning Per Share (EPS), Dividen Per Share (DPS), Price Earning Ratio (PER), Net Profit Margin (NPM), dan lain-lain. Kata Kunci : Return on Investment (ROI), Return on Equity (ROE), Harga Saham.