MENINGKATKAN PEMAHAMAN ILMU TAJWID MENGGUNAKAN METODE HALAQAH DI MIS ASSASUL ISLAM BOGOR

Abstract

Dari sejak usia dini, dibangku sekolah atau TPA kita sudah diperkenalkan dan diajarkan macam-macam huruf hija’iyah dan disertai dengan pembelajaran ilmu tajwid, sehingga setelah remaja kelak kita sudah mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Namun kenyataannya masih banyak anak-anak dan orang tua yang sudah hafal huruf-huruf hija’iyah namun belum tentu benar dalam membaca Al-Qur’annya, karena mereka tidak memahami cara membaca Al-Qur’an sesuai kaidah ilmu tajwid. Dari permasalahan yang kami lihat di lingkungan sekitar terutama untuk anak-anak di tingkat Sekolah Dasar, maka dari itu kami ingin meningkatkan pemahaman mengenai ilmu tajwid dan bukan hanya sekedar paham saja namun diaplikasikan juga dalam bacaan Al-Qur’annya. Tujuan Khusus Penelitian Untuk mengetahui model pembelajaran halaqoh dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap ilmu tajwid dan Untuk mengetahui model halaqoh yang sesuai untuk meningkatkan pemahaman pembelajaran ilmu tajwid