PENERAPAN METODE EVERYONE IS TEACHER HERE DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGRI 1 KOTA BOGOR

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu menguji coba metode Everyone Is Teacher Here dalam proses pembelajaran. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negri 1 Kota Bogor yang berjumlah 33 orang. Sedangkan yang menjadi obyeknya adalah penerapan metode pembelajaran Everyone Is Teacher Here. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI melalui penerapan metode Everyone Is Teacher Here. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan hasil nilai kognitif dan keterampilan. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik inferensial, yaitu tekhnik analisis Test “t” data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Test “t” melalui program SPSS 16.0. Analisis data menunjukkan bahwa data penerapan Strategi Is Teacher Here diperoleh To = 5,535 lebih besar dari Tt. baik pada taraf signifikan 5 % Maupun 1%. dengan demikian Ha diterima & Ho ditolak. berarti ada perbedaan yang signifikan dari penerapan metode Everyone Is Teacher dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI kelas XI SMA Negri 1 Kota Bogor. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis data diperoleh kesimpulan bahwa metodei Everyone Is Teacher Here memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas belajar siswa kelas XI SMA Negri 1 Kota Bogor pada pembelajaran PAI . Metode every one is teacher here efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI