TEACHING ENGLISH ONLINE DURING COVID-19 AT VOCATIONAL HIGH SCHOOL IN BOGOR
Abstract
Virus Corona atau COVID-19 menimbulkan banyak dampak pada seluruh aspek dalam kehidupan. Sejak 16 Maret 2020, Menteri Pendidikan Indonesia memutuskan untuk melakukan sekolah dari rumah atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dalam dunia pendidikan, guru dan murid melakukan proses belajar mengajar dari rumah. Ini menimbulkan banyak pro dan kontra karena pembelajaran daring ini. Studi ini menyelidiki berbagai pengalaman yang dialami oleh guru-guru SMK di Bogor dalam mengajar online Bahasa Inggris selama Covid-19 atau biasa disebut pembelajaran jarak jauh (PJJ). Studi ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data menggunakan semi-struktur interview tiga guru Bahasa Inggris dari SMK di Bogor. Mereka dikategorikan berdasarkan latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar, dan usia. Tiga guru Bahasa Inggris ini dipilih karena dapat membantu untuk melakukan penelitian.