PENGEMBANGAN BOARD GAMES SEBAGAI MEDIA EDUKASI COVID–19 DI KAMPUNG SINDANG RASA

Abstract

Rancangan board games tentang Covid-19 dikembangkan dalam bentuk permainan yang tepat, merupakan salah satu alternatif media informasi dan edukasi bagi anak-anak. Pada masa pandemi ini pengumuman kasus pertama pasien virus corona Indonesia sempat menimbulkan kekhawatiran dalam berbagai sektor. Penyebaran informasi penanggulangan dan pencegahan Covid-19 saat ini menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat, terutama bagi anak-anak yang menjadi sosok paling rentan, perlunya diadakan sebuah pemahaman tanggap bahaya Covid-19 yang harus diberikan untuk anak. Perancangan board games dalam penelitian ini menggunakan metodologi observasi, kuesioner, interview, serta studi literatur tentang Covid-19. Pengembangan board games ini diharapkan menjadi media informasi yang mudah dimengerti tentang bahayanya Covid-19 kepada anak-anak. Hasil pengembangan board game, anak-anak sangat antusias untuk bermain dan anak-anak mudah mengerti tentang bahaya Covid-19.