PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DAN LINGKUNGAN MASYARAKAT DENGAN PENDEKATAN GOEGRAFI SOSIAL DI DESA WARU

Abstract

Geografi dalam rumpun ilmu sosial banyak mengembangkan teori sosial, meliputi kependudukan, kebudayaan dan perilaku menyoroti proses ekonomi, proses sosial, proses politik dan proses psikologi (Fielding, 1984). Adapun Teori Geografi banyak menggunakan teori yang dikembangkan dalam rumpun ilmu sosial seperti ekonomi, sosiologi, sejarah, politik dan antropologi memperkuat posisi geografi sebagai bagian yang tak terpisahkan dalam ilmu sosial. Sebagai dasar alat analisis situasi tempat Kegiatan Kuliah Nyata Kelompok 16 yang ada di Desa Waru Kecamatan Parung, Analisis yang digunakan adalah analisis konsep geografi sosial, dimana pendekatan ini terdiri dari 3 aspek: (1) Keruangan, (2) Kelingkungan, dan (3) Kompleks Wilayah. Analisis ini memilki tujuan agar kami dapat melaksanakan program yang dapat membantu mengembangkan pendidikan dan lingkungan di masyarakat Desa Waru. Metode yang digunakan (1) Pendekatan berdasarkan karakter masyarakat, dan (2) Pendekatan organisasi. Dan dalam proses kegiatan kami mengumpulkan informasi dan fakta dengan menggunakan cara (1) Wawancara kepada masyarakat, dan (2) Studi Dokumen. Dengan hasil yang dicapai adalah program kami yang dijalankan sesuai dengan keadaan, kapasitas waktu, dana dan tenaga masyarakat sekitar dan dapat membantu mengurangi permasalahan yang ada berhubungan dengan aspek yang pokok yaitu pendidikan dan lingkungan. Dan dapat menjadi alat analisis yang nantinya dapat digunakan oleh pihak desa dalam pembangunan rencana desa.