MEMBERDAYAKAN DAN MEMBANGUN MASYARAKAT PURASEDA MELALUI PENDIDIKAN SERTA BERAKHLAKUL KARIMAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberdayakan dan membangun masyarakat puraseda melalui pendidikan serta berakhlakul karimah, dengan menggunakan penerapan metode Participatory Rural Appraisal(PRA) Penelitian ini merupakan Penelitian Deskriptif pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat. Penelitian deskriptif mempelajarai masalah-masalah dalam masyarakat serta tata cara yang berlaku dalam masyarakat serta situasi-situasi tertentu, termasuk tentang hubungan, kegiatan-kegiatan, sikap-sikap, pandangan-pandangan, serta proses-proses yang sedang berlangsung dan pengaruh-pengaruh dari suatu fenomena. Dalam metode deskriptif, peneliti bisa saja membandingkan fenomena-fenomena tertentu sehingga merupakan suatu studi komparatif. Adakalanya peneliti mengadakan klasifikasi, serta penelitian terhadap fenomena-fenomena dengan menetapkan suatu standar atau suatu norma tertentu sehingga banyak ahli menamakan metode deskriptif ini dengan nama survei normatif (normative survey). Dengan metode deskriptif ini juga diselidiki kedudukan (status) fenomena atau faktor dan melihat hubungan antara satu faktor dengan faktor yang lain. Karenanya metode deskriptif juga dinamakan studi status (satus study). Hasil dari penelitian tersebut dalam bidang Pendidikan di Kp.Cigoong Rt 01-02 Rw 07 tergolong belum cukup baik dalam hal perhatian terhadap pentingnya pendidikan khususnya pendidikan untuk anak usia dini. Hal tersebut terlihat dari kurangnya kesadaran orangtua yang harus memiliki semangat tinggi menyekolahkan anaknya. Pemberian bimbingan belajar atau jam tambahan belajar untuk siswa SD dan SMP merupakan salah satu hal penting yang harus di perhatikan karena kemampuan anak dengan tingkat pendidikan yang ditempuh sesuai dengan yang diharapkan.