MEMPERKENALKAN CARA PENGAPLIKASIAN KOMPUTER TERHADAP ANAK SEKOLAH DASAR (CIAMPEA UDIK, CARINGIN JANGKUNG)

Abstract

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu (Mada, 2014). Dalam pelaksanaannya, kegiatan KKN saya berlangsung selama 1 bulan lamanya, dan ditempatkan setingkat Desa. Seperti yang telah di tetapkan, bahwa kegiatan KKN ini menjadi kewajiban yang ditetapkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Indonesia, yang menyatakan setiap Perguruan Tinggi untuk dapat melaksanakan KKN sebagai kegiatan intrakulikuler yang memadukan aspek Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pendidikan, Penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. (Yunior, 2014) Program KKN Tematik merupakan metode KKN yang diterapkan oleh universitas Ibn Khaldun Bogor. Dalam pelaksanaannya KKN Tematik adalah kegiatan KKN yang berorientasi pada bidang tertentu sesuai permasalahan yang dirasa oleh masyarakat serta arah kebijakan pemerintahan setempat. Oleh karena itu, saya melakukan perkenalan komputer pada kegiatan yang berbasis problem solving pada setiap program kerja yang dilaksanakan pada target masyarakat setempat. Dari hasil observasi yang dilakukan di saat pra KKN dan secara kondisional saat KKN berlangsung, saya pun melihat berbagai factor permasalahan diantaranya, faktor pendidikan dan Keagamaan. Bidang Kerja pendidikan dan keagamaan berdasarkan pembagian bidang kerja inilah saya berharap kedatangan saya dapat memberikan nilai manfaat sesuai dengan tujuan saya, yakni memperkenalkan dasar-dasar komputer dan pemahaman akan pentingnya teknologi di masa sekarang.