MAKSIMALISASI PEMASARAN PRODUK LOKAL VCO MELALUI DIGITAL MARKETING

Abstract

Nusa Penida merupakan salah satu kecamatan penghasil kelapa di Provinsi Bali, yang tepatnya berada di wilayah Kabupaten Klungkung. Sebagian besar warga Nusa Penida menjual buah kelapa dalam bentuk utuh dan tidak diolah ke bentuk olahan yang lain, sehingga hal tersebut mempengaruhi harga jual buah kelapa. Pemanfaatan kelapa secara tradisional dan sudah meluas tetapi, namun masih jarang ada yang mengolahnya menjadi minyak kelapa murni atau VCO. Salah satu rumah industri yang memproduksi Minyak Kelapa Murni (VCO) yaitu terletak di Banjar Bodong, Desa ped, Kecamatan Nusa Penida dengan nama “Sari Gading”. Walaupun sudah berjalan 6 tahun tetapi pendapatan usaha ini belum maksimal dikarenakan pemasaran yang kurang baik. Untuk itu penulis menawarkan solusi untuk membantu pemasaran Minyak Virgin Coconut Oil yaitu dengan melakukan edukasi dan pembinaan mengenai penggunaan media sosial sebagai sarana dalam kegiatan pemasaran berbasis online. Dalam hal ini berfokus pada kegiatan peningkatan pemasaran melalui sosial media yaitu Facebook.