PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MEMANFAATKAN DAN MENGEMBANGKAN DIGITAL MARKETING UMKM DI TENGAH PANDEMI COVID – 19

Abstract

Pemberian informasi dan berbagai pelatihan kepada masyarakat khususnya untuk generasi muda untuk merangsang kepekaan terhadap permasalahan yang ada di sekitar khususnya di wilayah kuta yang dimana masyarakatnya belum maksimalkan penggunaan teknologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskritif-kualitatif. Penugumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dukungan data sekunder lainnnya dengan cara menggunakan pencarian internet serta mengkajinya dengan kajiaan pustaka yang telah ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pengembangan sistem informasi (konversi digital) melalui aplikasi pemesanan dan berbagai strategi diadopsi, seperti pembuatan platform yang dapat mengoptimalkan dengan membuat program terbaru pendapatan untuk dapat bersaing lebih meningkatkan kinerja . Pemanfaatan digital marketing dengan E – commerce mempermudah komunikasi antara produsen dengan konsumen. Jadi tidak ada kendala lagi dalam setiap transaksi jual beli barang maupun jasa bisa di pesan dengan mudah, dan juga mempermudah pemasaran dan promosi, dapat memperluas jangakauan calon konsumen dengan pasar yang luas.