PENDAMPINGAN ORANG DEWASA DALAM PENGGUNAAN E-LEARNING UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR SELAMA MASA SCHOOL FROM HOME
Abstract
Di Indonesia, e-learning menjadi pilihan bagi banyak sekolah untuk kegiatan SFH School From Home) selama pandemi COVID-19 masih menjadi ancaman. Tak terkecuali sekolah dasar. Namun faktanya, penggunaan e-learning untuk siswa sekolah dasar ternyata masih menjadi masalah karena aksesnya yang cukup sulit untuk dipahami siswa. Selain itu juga, siswa sekolah dasar sering kali merasa bosan dalam mengikuti kelas online sehingga pembelajaran menjadi kurang efektif. Para orang tua pun merasa kesulitan dengan masalah ini. Penelitian ini melibatkan dua peserta penelitian untuk mengatasi masalah tersebut, yang dilakukan dengan desain penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama masa SFH, siswa sekolah dasar masih sangat membutuhkan bimbingan dan pengawasan orang dewasa dalam memanfaatkan smartphone untuk belajar.