Implementasi Kebijakan Pemerintah terhadap Pembelajaran Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 pada Tahun Ajaran 2020/2021

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Kebijakan Pemerintah Terhadap Pembelajaran Sekolah Dasar di Masa Pandemi COVID-19 Tahun Ajaran 2020/2021 di Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Fokus Penelitian menggunakan model George Edwards III, Model Merilee S. Grindle dan Model Daniel A. Mazmanian dan Paul A. Sabateir, sedangkan pengumpulan data digunakan dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan keabsahan data dengan triangulasi. Lokasi penelitian yaitu pada tiga sekolah dasar di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan, dengan jumlah informan sebanyak 15 orang yang terdiri dari 3 orang kepala sekolah, 3 orang guru dan 9 orang siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan 3 (tiga) tahapan yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verifyin. Hasil penelitian ditinjau dari persiapan implementasi kebijakan terhadap pembelajaran tiga sekolah dasar di Kabupaten Pesisir Selatan yaitu pertama, persiapan implementasi kebijakan pemerintah terhadap pembelajaran Sekolah Dasar di masa pandemi Covid-19 tahun ajaran 2020/2021 di Kabupaten Pesisir Selatan telah dipersiapkan dengan baik, Implementasi Kebijakan Pemerintah terhadap Pembelajaran Sekolah Dasar di masa pandemi Covid-19 tahun ajaran 2020/2021 di Kabupaten Pesisir Selatan secara keseluruhan sudah terlaksana, dimana SOP telah dimanfaatkan sebagai panduan atau acuan pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Terdapat solusi dari hambatan dalam implementasi kebijakan pemerintah terhadap pembelajaran Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 Tahun Ajaran 2020/2021 di Kabupaten Pesisir Selatan