Peningkatan Aktivitas Belajar dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari II siklus. Meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 28 Korong Gadang Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan dari: rata-rata aktivitas belajar siswa pada oral activities siklus I 69,5% sedangkan di siklus II 82%, rata-rata visual activities siklus I 71% sedangkan di siklus II 82%, rata-rata listening aktivities siklus I 70% sedangkan di siklus II 80,5%. Dengan demikian aktivitas belajar siswa pada pembelajaran PKn di Kelas IV dapat ditingkatkan melalui penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning.