PENGELOLAAN PENDIDIKAN ISLAM PADA PERGURUAN TINGGI PERSPEKTIF MANAJEMEN PEMASARAN

Abstract

Pemasaran untuk lembaga pendidikan mutlak diperlukan karena persaingan antar Perguruan Tinggi semakin atraktif. Hal itu terlihat dari munculnya berbagai Perguruan Tinggi yang saling menawarkan keungulanya masing-masing. Perguruan Tinggi sebagai lembaga pendidikan yang mengemban tugas yang tidak ringan, sangat diperlukan sistem manajerial yang baik dalam semua segi yang ada di dalamnya.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan lapangan (fiel research), Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan pengujian kredibilitas data yaitu triangulasi teknik dan sumber. Implementasi pemasaran STIT Madani Yogyakarta sebagai berikut; (1) Strategi pemasaran; dalam mengidentifikasi pasar STIT Madani Yogyakarta membagi beberapa tingkatan pangsa pasar yaitu pondok cabang Bin Baz, pondok pesantren, SMA/SMK/MA Negeri ataupun swasta. Dalam menciptakan postioning di masyarakat STIT Madani telah menfokuskan bahwa STIT Madani Yogyakarta sebagai kampus Islam, berasrama serta bermanhajsalafus-sholeh. (2) Taktik pemasaran; dalam selling diperlukan adanya bauran pemasaran yang didalamnya harus terdapat diferensiasi sehingga dapat membedakan dan memudahkan dalam memasarkan produk kepada konsumen.