KONSEP PENDIDIKAN TAUHID MENURUT MUHAMMAD BIN ‘ABDUL WAHHAB DAN RELEVANSINYA DENGAN KURIKULUM 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji konsep pendidikan tauhid menurut Muhammad bin „Abdul Wahhab dan relevansinya dengan pendidikan tauhid saat ini, khususnya dengan pendidikan tauhid di sekolah formal yang berlandaskan kurikulum 2013 tingkat Madrasah Tsanawiyah. Jenis penelitian ini adalah library research, yakni yang mengkaji kepustakaan dari sebuah buku, transkrip, dan dokumen yang lainnya. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologis, yakni cara pandang atau paradigma yang melihat suatu gejala atau fenomena sebagai sesuatu yang tidak bisa lepas dari faktor sosial historis yang melingkupinya. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) dasar pendidikan tauhid Muhammad bin „Abdul Wahhab adalah Al- Quran dan hadits, (2) materi pendidikan tauhid Muhammad bin „Abdul Wahhab meliputi tauhid Rububiyah, tauhid uluhiyah, tauhid asma wa sifat, (3) tujuan pendidikan tauhid Muhammad bin „Abdul Wahhab adalah untuk membimbing umat agar mengenal Allah Subhanahu Wa Ta’ala, memurnikan tauhid yang telah tercemar, melepaskan umat dari keterikatan terhadap thaghut, dan mencegah umat agar tidak terjerumus kedalam kesyirikan, dengan metode pendidikan tauhid meliputi metode tanya jawab, perumpamaan, kisah, dan tarhib wa targhib, (5) relevannya dengan pendidikan tauhid saat ini, khususnya dengan pendidikan tauhid di sekolah formal yang berlandaskan kurikulum 2013 tingkat Madrasah Tsanawiyah.