PERAN BIMBINGAN KONSELING ISLAM BAGI PENGEMBANGAN MORAL SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH

Abstract

Artikel ini menjelaskan peran bimbingan konseling islam bagi pengembangan moral siswa Madrasah Ibtidaiyah. Pendekatan penelitian berupa kualitatif deskriptif.  Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di MI Maarif Asmaul Husna, Kemloko, Kranggan, Temanggung dengan narasumber guru kelas dan guru mapel yang ditunjuk sebegai guru BK Islam. Adapun rumusan masalah dalam artikel ini adalah (1) apa peran bimbingan konseling islam bagi perkembangan moral siswa madrasah ibtidaiyah (2) bagaimana implementasi bimbingan konseling islam bagi pengembangan moral siswa MI dan (3) Apa kendala dalam melaksanakan bimbingan konseling islam bagi pekembangan moral siswa madrasah ibtidaiyah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peran bimbingan konseling Islam bagi pengembangan moral peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah sehingga bimbingan konseling islam merupakan hal yang urgent diadakan di madrasah ibtidaiyah.