METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM AL-QUR’AN

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang metode pendidikan agama Islam yang terdapat dalam al-Qur’an. Penelitian ini digolongkan ke dalam jenis penelitian studi pustaka atau literer. Ada delapan metode pendidikan agama Islam yang terdapat dalam al-Qur’an, meskipun sebenarnya juga masih banyak metode pendidikan agama Islam lain yang belum mampu tersajikan karena keterbatasan penelitian ini. Delapan metode tersebut antara lain metode Kisah, Amtsal, Ibrah-Mau’idzoh, Targhib dan Tarhib, Ceramah, Keteladanan, dan Diskusi. Dalam implementasinya, kedelapan metode tersebut diterapkan secara variatif sehingga mampu mengakomodir gaya belajar peserta didik. Ayat yang mengandung tentang metode pendidikan agama Islam antara lain di dalam al-Qur’an kata diskusi sama dengan al-mujadallah itu diulang sebanyak 29 kali, salah satunya terdapat pada surat al-Nahl ayat 125. Metode keteladanan tersirat dalam al Quran yaitu Q.S An Nisa ayat 48. Contoh penerapan metode Tanya jawab yang paling jelas terdapat didalam surat Ar-Rahman ayat 13. Ceramah adalah metode yang cara penyampaiannya melalui penuturan secara lisan oleh pendidik kepada seorang peserta didik. Prinsip dasar metode ini terdapat di dalam Q.S Yunus ayat 23.