EFEKTIVITAS SUPERVISI PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN KANDANGAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan dua variabel bebas (eksogen) dan dua variabel terikat (endogen). Variabel dalam penelitian ini terbagi dalam dua hal yaitu variabel bebas (eksogen) yang terdiri dari kerjasama supervisi dan persepsi guru, sedangkan kinerja pengawas PAI dan efektivitas supervisi merupakan variabel terikat (endogen). Latar belakang Penelitian ini berawal dari masih banyaknya pengawas PAI yang belum memenuhi kompetensi yang disyaratkan. Hal ini diindikasikan bahwa masih banyak pengawas PAI yang belum memahami tugas pokoknya sebagai pengawas,kurang dinamis, kurang memberikan bantuan dan bimbingan optimal,  kemampuan memberikan solusi dalam permasalahan kegiatan pembelajaran relatif rendah, rendahnya kemampuan supervisor dalam membangun kerjasama dengan seluruh stakeholder bahkan penilaian yag dilakukan cenderung belum dijadikan dasar untuk melakukan perubahan dalam proses kerja selanjutnya, sehingga guru kerapkali terjebak dalam situasi kerja yang stagnan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara kerjasama supervisi, persepsi guru dan kinerja pengawas pendidikan agama Islam secara bersama-sama (simultan) dengan efektivitas supervisi pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Kandangan.