PENGARUH LAYANAN INFORMASI MELALUI DARING TERHADAP PENINGKATAN MINAT STUDI LANJUT KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA SMA N 3 SUKOHARJO

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh layanan informasi secara daring dapat meningkatkan minat siswa SMA N 3 Sukoharjo untuk melanjutkan studinya ke Perguruan Tinggi. Metode dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif ekperimen. Penelititan kuantitatif tidak mempermasalahkan hubungan antara peneliti dengan subyek penelitian karena hasil penelitian lebih banyak tergantung dengan instrumen yang digunakan dan terukur variabel yang digunakan, dari pada intim dan keterlibatan emosi antara peneliti dengan subyek yang diteliti. Hasil penelitian adalah ada pengaruh yang signifikan terhadap pemberian layanan informasi secara daring kepada siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Sukoharjo tahun pelajaran 2020/2021 untuk melanjutkan pendidikanya ke Perguruan Tinggi. Hasil penelitian dengan menggunakan perhitungan uji Paired Sample T-Test pada Pre Test dan Post Test menunjukkan nilai Signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 , artinya menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir. Ini menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perlakuan yang diberikan pada masing-masing variabel. Sehingga dapat disimpukan bahwa: “Terdapat pengaruh pemberian layanan informasi secara daring mengenai studi lanjut terhadap minat siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 3 Sukoharjo tahun pelajaran 2020/2021 untuk melanjutkan pendidikanya ke Perguruan Tinggi. Kata Kunci : layanan informasi, daring, minat studi lanjut