MODERNISASI STRATEGI UMKM DEMI RESISTENSI USAHA DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Abstrak Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah di Indonesia saat ini memiliki perkembangan yang sangat pesat. Terlebih lagi dengan adanya perkembangan teknologi maka akan membawa angin segar bagi UMKM dalam meningkatkan eksistensinya di masyarakat. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk membantu UMKM Al Barik yang terdapat di desa Sidomulyo Kabupaten Bantul dalam menjalankan usahanya di masa pendemi Covid-19 serta menghadapi perkembangan teknologi. Tim pengabdi lakukan berbagaii strategi untuk mendorong UMKM agar bisa melalui masa sulit selama pandemi Covid-19. Program kerja yang kelompok pengabdi lakukan antara lain adalah membantu UMKM dalam membuat profil dan visi misi, membantu modal awal, pembukuan, pemasaran melalui e-commerce, foto dan video produk, desain kemasan, dan pengelolaan akun usaha. Kegiatan yang tim pengabdi lakukan selama pengabdian berhasil terlaksana dan sukses. Hasil ini dapat dilihat adanya peningkatan penjualan online dari market place, peningkatan keterampilan dalam pembukuan, serta kemampuan dalam melakukan branding produk. Kata Kunci: Covid-19, UMKM, Strategi, Modern Abstract Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in Indonesia are currently developing very rapidly. Moreover, the development of technology brings fresh air for MSMEs in increasing their existence in society. The work plan that we are carrying out is a strategy to encourage MSMEs to go through difficult times during the Covid-19 pandemic. The purpose of implementing this activity is to help “Al Barik MSME” in Sidomulyo Village Bantul district Yogyakarta in carrying out their business during the Covid-19 pandemic and responding to technological developments. Our work programs include assisting Al Barik MSME in creating the business profile these are vision and mission, assisting initial capital, bookkeeping, marketing through e-commerce, product photos and videos, packaging design, managing business accounts, and improving signboard. Our service activities were carried out well and successfully. These results can be seen in an increase in online sales from the marketplace, increased skills in bookkeeping, and the ability to do product branding.