REVITALISASI KEGIATAN USAHA GETUK GORENG HJ. TOHIRIN DI MASA PANDEMI COVID-19

Abstract

Abstrak Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk untuk mengatasi dampak Covid -19 terhadap UMKM Getuk Goreng Hj. Tohirin. Permasalahan utama yang dialami oleh UMKM Getuk Goreng Hj. Tohirin di masa pandemi Covid-19 yakni penurunan pendapatan akibat menurunnya jumlah wisatawan yang datang ke Sokaraja. Berdasarkan survei yang dilakukan, terdapat sub permasalahan yang terjadi pada UMKM Getuk Goreng Hj. Tohirin yakni Sumber Daya Manusia yang dimiliki UMKM yang kurang memahami teknologi. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yakni pendampingan pemasaran dan penjualan daring dan pendampingan pemanfaatkan teknologi informasi untuk pencatatan transaksi keuangan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini yakni munculnya akun media sosial, akun digital marketplace, dan laporan keuangan terkomputerisasi yang dapat dimanfaatkan UMKM Getuk Goreng Hj. Thohirin dalam melakukan aktivitas bisnisnya. Kegiatan ini juga berhasil meningkatkan keterampilan karyawan untuk mengelola akun media sosial dan akun digital marketplace milik UMKM Getuk Goreng Hj. Thohirin serta keterampilan membuat pembukuan dengan computer.    Abstract This community service activity aims to overcome the impact of Covid -19 on SMEs Getuk Goreng Hj. Tohirin. The main problem that occurs at SMEs Getuk Goreng Hj. Tohirin during the Covid-19 pandemic, namely a decrease in income due to the decline in the number of tourists who came to Sokaraja. Based on the survey conducted, there are sub-problems that occur in Getuk Goreng SMEs Hj. Tohirin, namely Human Resources owned by SMEs who do not understand technology. Solutions taken to overcome these problems are assistance in online marketing and sales and assistance in the use of information technology for recording financial transactions. The results of this service activity are the emergence of social media accounts, digital marketplace accounts, and computerized financial reports that can be utilized by SMEs Getuk Goreng Hj. Thohirin in carrying out his business activities. This activity also succeeded in improving employees' skills to manage social media accounts and digital marketplace accounts belonging to SMEs Getuk Goreng Hj. Thohirin and his computer bookkeeping skills.