URGENSI MAJLIS TAKLIM SEBAGAI WADAH SOSIALISASI PEMAHAMAN AL QUR’AN BAGI IBU-IBU

Abstract

Abstrak Salah satu wadah pembelajaran informal, yaitu majlis taklim. Lembaga ini  mempunyai peran penting dalam membina dan meningkatkan kualitas umat dalam hal  akidah Islam. Melalui majlis taklim masyarakat dapat lebih mendalami, dan menjalankan ajaran agamanya tanpa terikat dengan persyaratan dan ketentuan seperti yang terjadi saat belajar di lembaga  formal. Majlis taklim adalah tempat pertama dalam sejarah Islam sebagai sarana sosialisasi Islam, pengembangan dan pemberdayaannya. Hingga saat ini majlis taklim tetap masih dijalankan, khususnya oleh ibu-ibu. Majlis taklim ibu-ibu banyak dilaksanakan di pedesaan, perkotaan, di  mesjid  bahkan dari rumah ke rumah. Maka pemahaman ayat-ayat dalam surat-surat pendek al Qur’an, pada khususnya, untyuk ibu-ibu di majlis taklim merupakan langkah strategis penyebaran nilai-nilai Islam. Metode pengkajian pemahaman ayat al Qur’an tersebut diawali dengan pengenalan bahasa Arab dasar, dilanjutkan dengan memami makna kosa kata bahasa Arab dalam ayat-ayat al Qur’an tersebut, sambil dijelaskan kandungan nilai-nilai di dalamnya.  Kegiatan ini dilakukan dengan teknik ceramah, penugasan dan dialog.   Abstract   One of the most widespread centers for informal learning among Islamic communities in Indonesia is majlis taklim. Considered an important and productive place for imbibing a sound Islamic creed, majlis taklim gives the community a chance to be able to carry out their religious teachings without terms and conditions of formal institutions. Developed and empowered since earlier Islam, it is the first of its kind in Islamic history to function as a means of socializing Islam. The present day majlis taklim is still being carried out especially by mothers. Mostly carried out in rural and suburban areas, in their mosques and private houses. A strategic step for spreading Islamic values among them is through learning al-Qur'an by memorizing and understanding its short verses; it begins with an introduction to basic Arabic, then its vocabularies and followed by understanding the meaning of the Qur’anic verses word by word side by side with the explanation of  the values contained in it. This activity has been carried out through simple lectures, assignment and dialogue techniques.