PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIS GURU MA PERSIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH ILMU FALAK
Abstract
Abstrak Guru Madrasah Aliah (MA) Persatuan Islam (PERSIS) mengalami kesulitan dalam memahami perhitungan matematika dalam ilmu Falak khususnya terait masalah dalam menentukan arah kiblat, sehingga sangat dibutuhkan suatu program yang dapat membantu pemahaman guru-guru tersebut. Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) UIN Sunan Gunung Djati Bandung menyelenggarakan suatu program dengan tujuan mengatasi kesulitan guru-guru dalam memahami konsep-konsep matematika untuk menyelesaikan masalah Ilmu Falak di Madrasah Aliah PERSIS di Jawa Barat. Metode yang digunakan adalah CBR (Community Based Research). Kegiatan PkM ini diikuti oleh 50 orang guru dan melibatkan steakholder yang ada di Pimpinan Pusat (PP) PERSIS. Hasil evaluasi menunjukkan PkM dapat meningkatkan pemahaman matematis guru-guru MA PERSIS dalam menyelesaikan masalah terkait Ilmu Falak khususnya menentukan arah kiblat. Abstract Teachers of Madrasah Aliah (MA) PERSIS have difficulty in understanding mathematical calculations in Ilmu Falak, especially related to problems in determining the direction of Qibla, so it is needed a program that can help the understanding of these teachers. The Community Service Program of UIN Sunan Gunung Djati Bandung held a program with the aim of overcoming the difficulties of teachers in understanding mathematical concepts to solve the problem of Ilmu Falak in the Islamic School of PERSIS in West Java. The method used is CBR (Community Based Research). This PkM activity was attended by 50 teachers and involved steakholders in the Pimpinan Pusat (PP) PERSIS. Evaluation results show that Program can improve the mathematical understanding of MA PERSIS teachers in solving problems related to Ilmu Falak ,especially in determining the Qibla direction.