PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PERMAINAN PUZZLE DAPAT MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DI SMP NEGERI 4 PRINGSEWU
Abstract
Penelitian ini berbentuk Penelitian tindakan kelas (PTK) bertujuan untuk mendiskripsikan pembelajaran kooperatif dengan permainan puzzle dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pringsewu Provinsi Lampung di Tahun Pelajaran 2018/2019, pada Pelajaran IPA materi organisasi mahluk hidup. Penelitian tindakan kelas ini terdiri atas 3 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini juga bersifat kolaboratif dengan subyek penelitian adalah siswa kelas 7c yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, penyebaran angket, tes serta dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mengunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan pembelajaran kooperatif dengan permainan puzzle pada materi organisasi mahluk hidup pada siklus 1 ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 40,28% dengan nilai rata-rata 64. Pada siklus II, ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 71.87% dengan nilai rata-rata 71 dan pada siklus 3 diperoleh ketuntsan klasikal sebesar 78,86% dengan rata-rata 75. Untuk aktivitas belajar siswa diperoleh Aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif dengan permainan puzzle pada siklus 1 dalam kategori cukup baik. Pada siklus 2 diperoleh skor aktivitas siswa yang meningkat baik dan pada siklus 3 diperoleh data aktivitas siswa yang lebih baik lagi dari siklus 2. Model pembelajaran kooperatif dengan permainan puzzle lebih efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pringsewu pada mata pelajaran IPA Terpadu materi organisasi mahluk hidup I Tahun pelajaran 2018/2019.