PREMOGAWA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TURUNAN FUNGSI TRIGONOMETRI SISWA SMA NEGERI 1 BANJARNEGARA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang Turunan Fungsi Trigonometri pada siswa kelas XII MIPA7 SMA Negeri 1 Banjarnegara Tahun pelajaran 2017/2018 . Metode penelitian ini adalah penelitian best practice. Subyek penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Banjarnegara kelas XII MIPA7 Tahun pelajaran 2017/2018. Pendekatan pembelajaran yang digunakan  adalah Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning), dengan model pembelajaran yang digunakan adalah “PREMOGAWA” yaitu model pembelajaran kooperatif Presentasi Model Galeri Walk, Hasil analisa UH 1 dimana pembelajaran masih konvensional yaitu Nilai tertinggi 85, nilai terendah 20, Rata rata nilai 61,28, jumlah siswa tuntas belajar 16  (45,71%) , jumlah siswa tidak tuntas 19 (54,29%), sedang hasil UH 2 dimana pembelajaran menggunakan PREMOGAWA (Presentasi Model Galery Walk) yaitu  nilai tertinggi 100, nilai terendah 70, rata-rata nilai 80,86, banyak siswa tuntas belajar 34  (97,14%) , banyak siswa tidak tuntas belajar 1 (2,86%)