MEMBANGUN MOTIVASI PESERTA PELATIHAN KEPEMIMPINAN ADMINISTRATOR (PKA) MELALUI PEMBIMBINGAN MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN INFORMASI (TIK)

Abstract

Proses pembimbingan aksi perubahan peserta PKA (Pelatihan kepemimpinan administrator) di masa pandemi covid-19 saat ini bukanlah halangan untuk tetap berjalan dengan leluasa meskipun harus mematuhi aturan protokol kesehatan. Tentunya komunikasi diatur sedemikian rupa melalui tatap muka/fisik terbatas dan lebih menekankan memanfaatkan fasilitas teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Metode penelitian ini disusun dan  dilakukan bersifat  kualitatif deskriftif dengan pendekatan studi lapangan. Prosedur pemecahan masalah dilakukan berdasarkan permasalahan yang timbul setelah diketahui mengenai pembimbingan yang pantas di masa  pandemi covid-19 dengan cara yang mudah dan diminati sebagai upaya menembus kesulitan untuk bertemuka muka secara langsung. Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa Sinergitas membangun pembimbinganterhadap peserta dengan membuat suatu kesepakatan yang diatur sehinggamemunculkan motivasi pada akhirnya pembimbingan berjalan sesuai jadwal. Konsekuensi di era perubahan bisa diantisipasi secara realistis dengan cara membangun daya dorong/semangat. Apresiasi harus dimiliki sebagai modal dalam melangkah tanpa ragu ke depan menghadapi tantangan mencapai visi dan misi. Membangun sensasi dan membangkitkan gairah hidup saat tantangan hadir dapat teratasi secara bijak melalui coaching yang berkelanjutan dan sangat peduli terhadap adanya perubahan dengan memunculkan karya melebihi dari apa yang sudah ada sebelumnya.