MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGHITUNG LUAS PERSEGI PANJANG MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENTS TEAM ACHIEVMENT DIVISIONS (STAD) PADA SISWA KELAS III B MIN HABIRAU TENGAH KECAMATAN DAHA SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aktivitas, hasil belajar siswa dalam menghitung Luas Persegi Panjang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Students Team Achievment Divisions ( STAD ). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research ) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas III B MIN Habirau Tengah Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan tahun pelajaran 2014 / 2015 yang berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 19 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini pada siklus I yang mencapai persentase 64% menjadi 92% pada siklus II yang mana terjadi peningkatan sebesar 28%. Hasil pembelajaran siswa dalam materi menghitung Luas Persegi Panjang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siklus I 68,42% menjadi 94,74% pada siklus II sehingga terjadi peningkatan sebesar 26,32%, begitu juga dari nilai rata-rata siswa pada siklus I berada pada 77,36 meningkat menjadi 85,52 pada siklus II yang mana terjadi peningkatan sebesar 8,16. Hasil dari penelitian dan penggunaaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD kepada siswa kelas III B MIN Habirau Tengah Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan juga sangat memuaskan sehingga dinyatakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD bisa diterima di MIN Habirau Tengah.