MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA KETERAMPILAN SPEAKING MATERI MONOLOG DESCRIPTIVE LISAN SEDERHANA YANG BERTERIMA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui melalui penggunaan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris pada keterampilan Speaking materi Descriptive lisan sederhana yang berterima . Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Idi tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 39 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasi dengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus II. Berdasarkan pembahasan analisa data yang telah dipaparkan bahwa model Project Based Learning telah dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris pada keterampilan Speaking materi Descriptive lisan sederhana yang berterima secara klasikal. Model pembelajaran Project Based Learning yang diberikan pada siswa kelas VII.1 telah tuntas secara klasikal. Ketuntasan pada kondisi awal hanya mencapai 20,5% kemudian setelah diterapkan model Project Based Learning maka ketuntasan didapat dari persentase hasil belajar pada Siklus I sebesar 66,6 % dan pada siklus 2 kentutasan hasil belajar siswa mencapai 84,6% dengan nilai KKM 75. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris pada keterampilan Speaking materi Descriptive lisan yang berterimasiswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Idi semester II tahun ajaran 2017/2018 dan di sarankan kepada guru – guru untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan Speaking pada materi Descriptive Lisan Sederhana yang berterima hendaknya menggunakan model Pembelajaran Project Based Learning.