UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA SMP N 4 MATARAM KELAS VII SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021 PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI PEMBELAJARAN DARING

Abstract

Karya tulis ini disusunĀ  dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran Daring Mapel Bahasa inggris Kelas VII SMPN 4 Mataram selama masa pandemi Covid-19. Penelitian dilaksanakan pada semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 yaitu bulan Juli sampai Desember 2020. Metode Adapun yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian bersifat Deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan tentang peningkatan keaktifan peserta didik selama mengikuti pembelajaran Daring. Instrumen data menggunakan Dokumentasi yang terdiri dari Respon berupa pengumpulan tugas-tugas peserta didik, Absensi dan Cheklist Variabel kegiatan. Subyek penelitian kelas VII 1-VII 5, 155 orang. Kesimpulan penelitian: keaktifan peserta didik meningkat sebesar 64,16 % yaitu 100 orang aktif dalam merespon tugas-tugas dan 74,19 % yaitu 115 orang aktif mengabsen. Rata-rata 108 orang aktif, 47 orang tidak aktif.