PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN MENULIS TEXT REPORT SISWA SMP NEGERI 11 LHOKSEUMAWE MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Round Table dan mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan kemampuan siswa dalam menulis text report menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Round Table. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) yang dilaksanakan di SMP Negeri 11 Lhokseumawe Aceh. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX - 1 SMP Negeri 11 Lhokseumawe Tahun Pelajaran 2019/2020, berjumlah 34 orang, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Hasil penelitian yang dilakukan sebanyak dua siklus menunjukan: (a) Aktivitas siswa dari hasil observasi dalam PBM baru mencapai 62,50% pada siklus pertama. Namun di siklus kedua, aktivitas siswa sudah mencapai 88,54%. Ini artinya telah terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sebanyak 26,04%. (b) Aktivitas guru dalam proses belajar mengajar pada siklus pertama hanya mencapai skor 68,18%, sedangkan pada siklus kedua skornya meningkat menjadi 88,63, artinya terjadi peningkatan sebanyak 20.45%. (c) Nilai rata-rata hasil ulangan siswa pada siklus pertama baru mencapai 69,44. Tetapi setelah proses belajar mengajar di siklus kedua, nilai rata-rata siswa telah mencapai 80.24%. (d) Pencapaian nilai KKM pada siklus pertama PBM, 21 siswa (61%) mencapai nilai KKM dan dan setelah PBM di siklus kedua seluruh siswa telah mencapai nilai KKM atau sama dengan 100%.