PENERAPAN LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SMP NEGERI 3 NGRAMBE

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakan penerapan Lesson Study mampu meningkatkan kemampuan mengajar guru pada pelaksanaan pembelajaran jarak jauh SMP Negeri 3 Ngrambe semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Subyek penelitian ini adalah guru di SMP Negeri 3 Ngrambe yang berjumlah 29 orang. Desain penelitian ini berbentuk penelitian tindakan sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah informan, tempat, peristiwa dan dokumen. Pelaksanaan tindakan dilakukan oleh peneliti yang direncanakan bersama dengan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan analisis dan refleksi. Setiap siklus dilakukan dengan tiga kali pertemuan dan masing-masing pertemuan 2 x 60 menit. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan Lesson Study mampu meningkatkan kemampuan mengajar guru pada pelaksanaan pembelajaran jarak jauh SMP Negeri 3 Ngrambe semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah ada peningkatan kemampun mengajar guru dari 17 guru (59%) yang mencapai predikat miminal baik pada pra siklus menjadi 23 guru (79%) yang mencapai predikat miminal baik pada siklus I dan meningkat menjadi 28 guru (97%) yang mencapai predikat miminal baik. Nilai rata-rata kemampuan menyusun RPP guru meningkat dari 80,67 pada pra siklus menjadi 84,30 atau meningkat 5% pada siklus I dan menjadi 88,55 atau meningkat 10% pada siklus II.