MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN DARING MELALUI PENDAMPINGAN MANAJERIAL DI SMA NEGERI 1 TANJUNG SELOR

Abstract

Data best practice yang diperoleh dari hasil observasi dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring pada siklus I, hasilnya termasuk katagori “baik” dengan  rata-rata skor 6,75. Hal  ini  menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring sudah baik, akan tetapi perlu peningkatan. Sedangkan untuk kemampuan guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring pada siklus II juga  ada peningkatan ke arah yang lebih baik yaitu: penilaian pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring berada pada katagori  “sangat baik”. Dengan   melihat   hasil   pada siklus  II,  maka  refleksi  terhadap  hasil yang  diperoleh  penulis  pada  siklus  II  ini adalah  adanya  peningkatan  kemampuan guru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring. Hal ini dibuktikan  dengan rata-rata skor yang diperoleh dalam pendampingan  pelaksanaan evaluasi pembelajaran daring pra siklus : 4,1, siklus I : 6,75 dan siklus II : 10,75. Sedangkan  dari jumlah guru, 100 % sudah   mencapai kriteria yang ditetapkan..